Cara Kerja Website




Gambar cara kerja website


Cara kerja website:

Hal yang perlu diperhatikan pertama sekali sebelum mengakses sebuah website adalah koneksi internet (jaringan computer yang terhubung dengan internet). Selanjutnya, kita juga harus mengetahui bahwa Setiap website memiliki alamat unik yang tidak sama satu dengan yang lain (URL / Uniform Resourse Locator) yang akan mengidentifikasi sebuah website tertentu, Contohnya: http://rurisribalta.blogspot.com.



Sebuah alamat website tertentu yang telah kita masukkan kedalam web browser (software yang digunakan untuk menjelajah internet/ website) akan dikiirimkan dalam bentuk suatu data permintaan melalui HTTP (hypertext transfer protocol) Request kepada web server (software yang digunakan untuk mengatur website). Kemudian web server akan mengirimkan data balasan berupa web files (data-data website) yang sesuai dengan alamat permintaan yang telah dikirim melalui HTTP Response. Trasnper data ini terjadi melalui koneksi internet dengan menggunakan protocol TCP/IP. Setelah data web files diterima oleh web browser data tersebut ditampilkan (display) dalam bentuk sebuah website utuh yang sesuai dengan alamat yang telah dimasukkan kedalam web browser sebelumnya.



Secara umum antara web browser dan web server telah terjadi petukaran data yang sangat cepat, dan pertukaran ini terjadi hanya jika ada koneksi internet antara client (web browser) dan server (web server).



Keterangan Istilah:

UNIFORM RESOURSE LOCATOR (URL):

adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu Web server, URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat. Contoh : http://google.com



WEB BROWSER:

Sofware yang digunakan untuk surfing(menjelajah internet). Contohnya: Opera, mozila, internet explorer, dll.




WEB SERVER:

Sofware yang digunakan untuk membuat atau mengatur website. Contohnya: Apache, winlamp, xampp dll.



HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

Protokol yang digunakan untuk mangakses web.



PROTOKOL:

Sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua buah komputer atau lebih saling berkomunikasi.



WEBSITE

Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.

0 komentar:

Copyright © 2008 - Ruris_alta - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Adiestudio - Dilectio Blogger Template | Gallery