Sekilas Tentang Jaringan Komputer


Jaringan Komputer dapat diartikan sebagai hubungan dari suatu sistem yang mana terdiri dari komputer, software, dan perangkat jaringan untuk mencapai suatu tujuan tertentu misalnya untuk membagi sumber daya, untuk komunikasi dan untuk akses informasi.


Klasifikasi Jaringan Komputer


1. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi
A. Jaringan Terpusat
Pada jaringan ini terdapat 2 jenis komputer; Komputer server (komputer Induk) yang bertugas memberikan informasi dan Komputer Client yang berfungsi untuk mengakses informasi dari komputer server.
B. Jaringan Terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan Jangkauan Geografis


A. LAN (Local Area Network)
Jaringan Komputer yang menghubungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan yang terbatas jangkauannya (normalnya hanya dalam satu gedung atau ruangan)
B. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan versi LAN yang mempunyaia ukuran lebih besar.MAN merupakan alternatif pembuatan jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. Jangkauan MAN antara 10 sampai dengan 50 km.
C. WAN (Wide Area Network)
Jaringan Komputer dengan cakupan yang sangat luas dan Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.


A. Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
B. Jaringan Peer to Peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

4. Berdasarkan Media Transmisi Data


A. Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

B. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

0 komentar:

Copyright © 2008 - Ruris_alta - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Adiestudio - Dilectio Blogger Template | Gallery